Sel. Feb 27th, 2024

Panduan Lengkap Bacaan Doa Istinja dalam Islam

bacaan doa istinja dalam Islambacaan doa istinja dalam Islam

Doa istinja adalah doa yang dibaca oleh umat Islam saat melakukan istinja atau membersihkan diri setelah buang air kecil atau besar. Istinja adalah bagian penting dari kebersihan pribadi dalam Islam dan merupakan bagian dari fitrah. Doa ini dibaca sebagai permohonan perlindungan kepada Allah dari gangguan setan. Dalam tradisi Islam, setan dianggap mengganggu manusia dalam berbagai cara, termasuk saat mereka dalam keadaan paling rentan seperti saat buang air. Oleh karena itu, doa ini dibaca sebagai bentuk perlindungan spiritual.

Panduan Lengkap Bacaan Doa Istinja dalam Islam

bacaan doa istinja dalam Islam
Dalam Islam, setiap aktivitas sehari-hari, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali, diatur oleh serangkaian doa dan ritual yang bertujuan untuk mengingatkan umat Islam tentang kehadiran Tuhan dalam setiap aspek kehidupan mereka. Salah satu ritual ini adalah istinja, sebuah proses pembersihan diri setelah buang air kecil atau besar. Proses ini tidak hanya melibatkan aspek fisik, tetapi juga spiritual, yang diwujudkan melalui bacaan doa istinja.

Doa Istinja

Bacaan Doa Setelah Istinja (buang air kecil dan air besar) Beserta Artinya  - Doa Harian Islami

sumber : Doa Harian

Bacaan doa istinja dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut: “Allahumma inni a’udzubika minal khubutsi wal khabaaits”. Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan”. Dalam konteks ini, ‘khubutsi’ merujuk kepada setan laki-laki dan ‘khabaaits’ merujuk kepada setan perempuan. Doa ini menggambarkan keyakinan dalam Islam bahwa setan dapat menggoda manusia dalam berbagai bentuk dan situasi, termasuk saat melakukan istinja.

BACA JUGA : Doa Para Nabi yang Tercantum Dalam Al-Quran

Setelah membaca doa ini, proses istinja dapat dimulai. Proses ini melibatkan penggunaan air untuk membersihkan diri dari kotoran. Dalam beberapa kasus, jika air tidak tersedia, benda-benda seperti batu atau kertas dapat digunakan sebagai alternatif. Namun, penggunaan air selalu lebih disukai jika memungkinkan.

Setelah proses istinja selesai, umat Islam biasanya membaca doa lainnya, yang berbunyi: “Ghufraanak”. Artinya, “Aku memohon ampunan-Mu”. Doa ini adalah pengakuan bahwa manusia adalah makhluk yang tidak sempurna dan selalu membutuhkan ampunan dari Allah.

Makna Doa Istinja

"Bacaan

sumber : Okezone

Penting untuk diingat bahwa istinja bukan hanya tentang kebersihan fisik, tetapi juga tentang kebersihan spiritual. Dengan membaca doa istinja, umat Islam mengingatkan diri mereka sendiri tentang pentingnya menjaga kebersihan dalam semua aspek kehidupan mereka, dan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

Secara keseluruhan, bacaan doa istinja adalah bagian penting dari ritual kebersihan dalam Islam. Melalui doa ini, umat Islam memohon perlindungan dan kebersihan dari Allah, dan mengingatkan diri mereka sendiri tentang pentingnya menjaga kebersihan dalam semua aspek kehidupan mereka. Dengan demikian, doa ini bukan hanya tentang menjaga kebersihan fisik, tetapi juga tentang menjaga kebersihan spiritual dan moral.

BACA JUGA : Kumpulan Doa Untuk Kedua Orang Tua Beserta Artinya

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *