Sel. Feb 27th, 2024

Imlek 2024 Tanggal Berapa? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Imlek 2024 jatuh pada tanggal 10 Februari. Imlek, juga dikenal sebagai Tahun Baru Cina, adalah perayaan tahun baru berdasarkan kalender lunisolar tradisional Cina. Ini adalah festival paling penting dalam budaya Cina oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Apa Itu Imlek?

Sejarah Singkat Tahun Baru Imlek, Hari Pertama Penanggalan Lunar | Sejarah

sumber : Kompas 

Imlek sebagai Tahun Baru Cina, adalah perayaan tahunan yang paling penting dalam kalender tradisional Cina. Pada tahun 2024, Imlek akan jatuh pada hari Sabtu, tanggal 10 Februari. Perayaan ini tidak hanya di Cina, tetapi juga belahan dunia lainnya, terutama di negara-negara dengan populasi etnis Cina yang signifikan.

Imlek adalah perayaan yang penuh dengan simbolisme dan tradisi. Ini adalah waktu untuk merayakan dan berharap untuk tahun yang penuh dengan keberuntungan, kesehatan, dan kebahagiaan. Perayaan ini biasanya dimulai dengan pembersihan rumah yang menyeluruh, untuk mengusir roh-roh jahat dan membawa keberuntungan dan keberhasilan di tahun yang akan datang. Selain itu, Imlek dengan pertukaran angpao, atau amplop merah yang berisi uang, sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran.

Kapan dan Bagaimana Merayakannya

Perayaan Imlek sebagai Tahun Baru Cina, adalah perayaan yang paling penting dalam kalender tradisional Cina. Imlek merupakan perayaan yang penuh warna dan meriah, dengan berbagai tradisi dan ritual yang telah berlangsung selama ribuan tahun. Tanggal perayaan Imlek berubah-ubah setiap tahunnya, karena berdasarkan kalender lunar Cina, bukan kalender Gregorian yang kita gunakan sehari-hari.

Warna Merah Imlek, Kenali Makna dan Barang-Barang yang Identik dengannya! -  Blibli Friends

sumber : BliBli

Lalu Imlek 2024 tanggal berapa? untuk tahun 2024, Imlek akan jatuh pada tanggal 10 Februari. Tanggal ini berdasarkan siklus bulan dan posisi matahari, yang membuatnya berbeda setiap tahunnya. Meski demikian, Imlek selalu jatuh antara tanggal 21 Januari dan 20 Februari.

BACA JUGA : Promo Hotel di Jakarta untuk Merayakan Natal dan Tahun Baru

Perayaan Imlek biasanya dimulai pada malam pergantian tahun, yang dikenal sebagai “Chu Xi” atau Malam Tahun Baru, dan berlangsung selama 15 hari hingga Festival Cap Go Meh. Pada malam tersebut, keluarga-keluarga Cina akan berkumpul untuk makan malam bersama, seringkali dengan menu spesial yang melambangkan keberuntungan dan kemakmuran.

Tradisi Imlek

Selain itu, tradisi lain adalah membersihkan rumah untuk mengusir roh-roh jahat dan membawa keberuntungan dan kebahagiaan untuk tahun yang akan datang. Orang-orang juga akan menghias rumah mereka dengan dekorasi merah dan emas, warna yang melambangkan keberuntungan dalam budaya Cina.

Perlu Tahu, Ini 5 Manfaat Merayakan Imlek untuk Kesehatan Mental

sumber : Halodoc 

Pada hari Imlek, ritual penyembahan kepada dewa dan leluhur. Ini adalah cara untuk menghormati mereka dan meminta berkat untuk tahun yang baru. Selain itu, tradisi lain adalah memberikan angpao, atau amplop merah yang berisi uang, kepada anak-anak dan orang-orang yang belum menikah sebagai simbol keberuntungan.

Perayaan Imlek adalah perayaan yang penuh dengan tradisi dan simbolisme. Meski tanggalnya berubah-ubah setiap tahunnya, namun semangat dan makna di balik perayaan ini tetap sama, yaitu merayakan awal tahun baru dengan harapan dan doa untuk keberuntungan, kemakmuran, dan kebahagiaan di tahun yang akan datang. Jadi, mari kita sambut Imlek 2024 dengan penuh semangat dan kegembiraan.

BACA JUGA : 4 Berita Terbaru di Bali

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *