Rab. Feb 28th, 2024

8 Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbanyak Di Indonesia

By sindilatifah0@gmail.com Okt 12, 2022
kelapa sawit

Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbanyak di Indonesia, Ada Daerahmu?

Sumber: Astra Agro Lestari

Selama puluhan tahun belakangan, kelapa sawit sudah menjadi salah satu komoditas ekspor terbesar untuk Indonesia. Bagaimana tidak, negara kita bahkan dikenal sebagai salah satu penghasil kelapa sawit terbanyak di dunia. Ini tentu tidak mengejutkan, mengingat di tanah air memang membentang perkebunan sawit yang luasnya terbilang luar biasa. 

Bukan hanya di wilayah Sumatera saja, pada dasarnya perkebunan kelapa sawit juga banyak ditemukan di wilayah Kalimantan. Luasnya tak perlu diragukan, mengingat wilayah ini memang memiliki kawasan hutan yang terbilang sangat luas dan banyak beralih fungsi menjadi perkebunan sawit. Secara garis besar, wilayah Sumatera dan Kalimantan merupakan penghasil kelapa sawit di tanah air.

Berikut ini adalah daerah-daerah penghasil kelapa sawit terbanyak di tanah air di tahun 2019: 

1. Riau

Sumber: Riausky.com

Provinsi Riau menjadi penghasil kelapa sawit terbesar di tanah air sepanjang waktu. Dari tahun ke tahun, jumlah produksi kelapa sawit di kawasan ini terbilang meningkat. Di tahun 2019 lalu, Provinsi Riau menghasilkan sebanyak 9.513.208 ton kelapa sawit. Jumlah ini sekaligus membawa Riau sebagai penghasil kelapa sawit terbanyak di Indonesia dan hal tersebut masih bertahan hingga saat ini. 

2. Kalimantan Tengah

Sumber: Tirto.id

Provinsi yang satu ini menjadi penghasil kelapa sawit terbesar di wilayah Kalimantan. Selama bertahun-tahun belakangan, Kalimantan Tengah bisa menghasilkan jutaan ton kelapa sawit setiap tahunnya. Hal ini tentu berbanding lurus dengan jumlah lahan sawit yang dibuka di sana. Pada tahun 2019 lalu, Kalimantan Tengah menjadi provinsi kedua penghasil kelapa sawit terbesar di tanah air dengan jumlah 7.664.841 ton.

3. Sumatera Utara

Sumber: Galamedia News

Sumatera Utara menduduki posisi ketiga sebagai provinsi penghasil kelapa sawit terbanyak di Indonesia. Jumlah lahan sawit di kawasan ini juga terbilang sangat luas dan bisa menghasilkan banyak hasil panen setiap tahunnya. Di tahun 2019 saja, Sumatera Utara bisa menghasilkan 5.647.313 ton kelapa sawit. 

4. Kalimantan Barat

Sumber: BPDP Kalbar

Kalimantan Barat menduduki posisi kedua sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di wilayah Kalimantan. Dengan jumlah lahan yang dimilikinya, provinsi ini bisa menghasilkan 5.235.299 ton kelapa sawit pada tahun 2019 lalu. Hal ini juga sekaligus membuat wilayah ini sebagai penghasil kelapa sawit nomor 4 terbesar di tanah air. 

Baca juga: 7 Manfaat Susu Kambing Murni untuk Ibu Hamil

5. Sumatera Selatan

Sumber: GIMNI

Provinsi ini menduduki posisi ke-5 sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di tanah air. Sumatera Selatan memiliki lahan perkebunan sawit yang terbilang luas dan mampu menghasilkan 4.049.156 ton di tahun 2019. Jumlah ini tentu akan terus meningkat setiap tahunnya. 

6. Kalimantan Timur

Sumber: Kalimantan – Bisnis.com

Urutan selanjutnya diduduki oleh Kalimantan Timur. Kawasan ini menjadi penghasil kelapa sawit yang cukup besar, yakni mencapai 3.988.883 ton pada tahun 2019 lalu. Bertambah luasnya perkebunan sawit tentu akan membuat hasil panen di kawasan ini juga cenderung meningkat di masa yang akan datang. 

7. Jambi

Sumber: Money – Kompas.com

Provinsi Jambi menempati urutan ke-7 sebagai wilayah penghasil sawit terbesar di Indonesia. Meski tidak sebanyak provinsi lainnya di Sumatera, hasil panen sawit dari wilayah ini terbilang cukup besar. Di tahun 2019 saja, Jambi bisa menghasilkan 2.884.406 ton kelapa sawit. 

8. Kalimantan Selatan

Sumber: Money Kompas.com

Di urutan terakhir, ada Kalimantan Selatan yang juga memiliki perkebunan sawit cukup luas. Kawasan ini bisa menghasilkan 1.665.397 ton kelapa sawit di tahun 2019 lalu. Ini tentu jumlah yang cukup banyak, bukan? 

Itulah 8 urutan daerah-daerah penghasil kelapa sawit terbanyak di tanah air, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga: Baca Berita Daerah Terkini Mudah dari IDN App

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *