Sel. Feb 27th, 2024

Kumpulan Doa Untuk Kedua Orang Tua Beserta Artinya

By sindilatifah0@gmail.com Jan 25, 2023

Cara berbakti kepada kedua orang tua itu tidak hanya seputar menunjukkan perilaku yang baik saja. Ya, dengan mendoakan kedua orang tua juga adalah bentuk berbakti kepada mereka. Dalam ajaran agama Islam, setiap anak sangat dianjurkan untuk mendoakan kedua orang tuanya. 

Tak hanya berlaku untuk yang masih hidup, doa untuk orang tua yang sudah meninggal juga wajib kita panjatkan. 

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar kumpulan doa untuk kedua orang tua. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Masih Ada

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama robbayani shagira

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku. Sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil”.

2. Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

  • Allahummaghfir lil muslimina wal muslimat, wal mukminina wal mukminat, alahya’i minhum wal awwat, min masyariqil ardhi ila magharibiha, barriha wa bahriha, khushushan ila aba ina, wa ummahatina, wa ajdadina, wa jaddarina, wa asatidzatina, wa mu’allimina, wa li man ashana ilaina, wa li ashhabil huquqi ‘alayna.

Artinya: “Ya, Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik kepada kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami”.

  • Rabbana atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina adzaban nar. Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘an ma yashifuna, wa salamun ‘alal mursalina, wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin, wa ‘ala alihi, wa shahbihi, wa sallama, wal hamdulillahi rabbil alamin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanku, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah tuhan sekalian alam”

Baca juga: Mari Kita Hafalkan Doa Untuk Sehari-hari

3. Doa Untuk Kedua Orang Tua yang Sedang Terbaring Sakit

Allahumma Rabbannaasi adzhubul ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain”

4. Doa Untuk Kedua Orang Tua Agar Diberi Umur Panjang

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shogiiron. Walijamii’il muslimina walmuslimati, walmu’miniina wal mu’minaati al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi‘ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adhiimi.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah beliau berdua sebagaimana mengasihi aku sewaktu kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolonganMu“

Baca juga: Sudah Tahu Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal? Yuk, Kita Hafalkan

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *