Setelah seharian berpuasa, saat berbuka puasa tentu menjadi momen yang dinanti. Namun, terkadang kesibukan atau keterbatasan waktu membuat kita kesulitan menyiapkan hidangan berbuka yang istimewa. Eits, jangan khawatir! Dengan sedikit kreativitas, Anda tetap bisa menghadirkan menu buka puasa yang sederhana, lezat, dan menyehatkan.

Berikut beberapa inspirasi menu buka puasa sederhana yang mudah dibuat:

1. Sup Sayuran

Sup sayuran dengan kuah bening cocok sebagai menu pembuka untuk mengembalikan cairan tubuh. Anda bisa menggunakan berbagai macam sayuran kesukaan, seperti wortel, buncis, bayam, atau sawi. Tambahkan protein seperti telur puyuh atau suwir ayam untuk menambah kenyang.

2. Tumis Kacang Panjang

Menu sederhana ini kaya akan serat dan mudah dibuat. Tumis kacang panjang dengan irisan bawang merah, bawang putih, dan cabai sesuai selera. Tambahkan saus tiram atau kecap manis untuk menambah cita rasa. Jangan lupa tambahkan protein seperti tahu atau tempe untuk mengenyangkan.

3. Ayam/Telur Dadar Kecap

BACA JUGA : Doa Para Nabi yang Tercantum Dalam Al-Quran

Menu klassik dan praktis ini selalu menjadi penyelamat saat waktu memasak terbatas. Goreng ayam atau telur dadar, kemudian lumuri dengan saus kecap manis yang sudah sedikit air dan irisan bawang merah.

4. Olahan Tahu/Tempe

Tahu dan tempe adalah bahan protein nabati yang serbaguna dan ekonomis. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam masakan, seperti perkedel, bakwan, atau tumis dengan bumbu kecap atau cabai.

5. Kurma dan Buah Segar

Buah kurma kaya akan manfaat sebagai menu pembuka puasa karena mengandung gula alami untuk mengembalikan energi. Selain kurma, lengkapi dengan potongan buah segar yang kaya akan vitamin dan serat.

Tips untuk Menu Buka Puasa Sederhana:

  • Manfaatkan Sisa Makanan Sahur:¬†Jika ada sisa lauk dari sahur, Anda bisa mengkreasikannya menjadi menu buka puasa yang berbeda. Misalnya, sisa ayam goreng bisa tumis atau sup.
  • Persiapkan Bahan Sejak Pagi:¬†Untuk menghemat waktu, cuci dan potong semua bahan sejak pagi hari.
  • Gunakan Bumbu Siap Pakai: Bumbu dapur siap pakai dapat membantu Anda memasak dengan lebih cepat dan praktis.
  • Libatkan Anggota Keluarga: Ajak anggota keluarga untuk membantu menyiapkan hidangan buka puasa. Ini bisa menjadi ajang kebersamaan dan menanamkan nilai kerjasama.

Itulah menu buka puasa yang sederhana, dengan sedikit kreativitas dan tips di atas, Anda tetap bisa menghadirkan menu buka puasa yang sederhana tapi lezat dan menyehatkan meskipun dalam kondisi waktu yang terbatas. Selamat mencoba!

BACA JUGA : Panduan Lengkap Bacaan Doa Istinja dalam Islam