Bahasa Rusia menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia dan menarik untuk dipelajari. Untuk Anda yang ingin memahami bahasa Rusia, mulailah dengan belajar bahasa Rusia dasar pada pembahasan di bawah ini!

Bahasa Rusia Dasar 

Bahasa Rusia dasar memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan bahasa Inggris karena lebih mudah dalam hal pelafalannya. Apa yang akan kita baca lebih kurang sama dengan apa yang dituliskan walaupun bahasa Rusia hampir terdengar mirip dengan bahasa Ukraina dan Belarus. 

Untuk pemula, sebaiknya pahamilah bagaimana alphabet dalam bahasa Rusia dan pelafalan juga penekanannya. 

Alfabet 

Tahap awal untuk mempelajari bahasa Rusia dasar adalah memahami aksara kiril. Pahami bagaimana cara membaca dan mengerti huruf Rusia karena bahasa Rusia menggunakan aksara kiril yang terdiri dari 33 huruf Rusia. 

Cara pembacaannya dinilai tidak terlalu sulit bila dipelajari secara konsisten. Anda dapat mempelajari hal ini dengan bantuan tutor bahasa Rusia atau memahaminya sendiri lewat bantuan youtube untuk mendengar pelafalannya. 

Dalam bahasa Rusia, terdapat Cyrillic yang menjadi sistem dalam penulisan alphabet yang banyak digunakan di daerah Eropa Timur dan beberapa negara Asia Utara dan Tengah. Alphabet bahasa Rusia ini memiliki aturan penguacrapan huruf-huruf yang konsisten dan dapat dipelajari dalam waktu satu hari. 

Struktur kalimat Bahasa Rusia

Bahasa Rusia dnilai selalu memiliki kata yang relative panjang dibandingkan bahasa Inggris dan banyak mengambil serapan dari bahasa Inggris. Ada banyak kata kerja dalam bahasa Rusia yang telah diserap dari bahasa Inggris. 

Bahasa Rusia disusun dengan aturan yang sangat banyak namun aturan dan pola pembentukan kalimat dinilai sangat konsisten. Semua aturan atau struktur dinilai jelas dan konsisten sehingga mudah menentukan apakah sebuah kata benda termasuk maskulin atau feminine dalam bahasa Rusia. 

Kata Benda Maskulin, Feminim, dan Netral

Hal lainnya yang harus Anda pelajari adalah bahwa bahasa Rusia memiliki 3 golongan untuk kata benda yaitu maskulin, feminim, dan netral. Penggoloongan ini berbeda dengan bahasa Inggris dan Indonesia. 

Untuk bisa fasih, Anda hanya perlu mengamati gender suatu kata benda dalam bahasa Rusia dibagian huruf terakhir kata tersebut. Seperti Untuk Мужской род [muškoj rot] ‘maskulin’ akan diakhiri dengan huruf konsonan atau “й”.

 

Perkenalan bahasa Rusia 

Cobalah untuk mempraktikan apa yang sudah Anda pelajari dengan melakukan perkenalan mengunakan bahasa Rusia dasar. Dalam bahasa Rusia sendiri terdapat budaya perkenalan sama hal nya seperti Indonesia yang menggunakan bahasa formal dan nonformal ketika melakukan perkenalan. 

Tips Belajar Bahasa Rusia Dasar 

Ada beberapa tips belajar bahasa Rusia dasar yang apabila dipraktikkan secara konsisten bisa memahami bahasa Rusia dalam waktu singkat. Berikut tips belajar yang bisa Anda terapkan!

1. Pahami gramatika 

Tata bahasa Rusia memang sangat penting untuk dikuasai agar bisa melakukan percakapan dengan benar serta memahami mana kalimat yang benar dan yang tidak. Anda bisa memahami gramatika bahasa Rusia dengan mengikuti kelas bahasa Rusia secara online ataupun bantuan tutor. 

2. Pahami kata-kata dasar 

Setiap bahasa pastinya memiliki kosakata umum dan dasar yang hampir digunakan setiap harinya. Kata-kata dasar bahasa Rusia ini bisa Anda pahami dan pelajari cepat dengan buku-buku bahasa Rusia. 

3. Menonton film atau acara televisi Rusia

Untuk mengasah kemampuan bahasa Rusia Anda, cobalah rutin menonton film dalam bahasa Rusia yang membantu Anda dalam memahami pelafalan dan pengetauhan tambahan tentang bahasa Rusia dasar. 

4. Berteman dengan orang Rusia 

Apa yang sudah Anda pahami tentang bahasa Rusia bisa dikomunikasikan dengan teman yang menggunakan bahasa Rusia juga namun hal ini tampaknya sangat sulit dilakukan. Para ahli berpendapat bahwa seseorang harus banyak mungkin bergaul dengan penduduk asli untuk mempermudah dalam hal pembelajaran bahasanya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *