Sel. Feb 27th, 2024

Catat! Inilah 5 Rekomendasi Asam Folat untuk Ibu Hamil

sumber : Alodokter

Asam folat atau vitamin B9 sangat penting bagi ibu hamil karena membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin yang sedang berkembang. Berikut adalah rekomendasi asam folat untuk ibu hamil.

Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap hari. Makanan Tinggi Asam Folat, Sayuran hijau (bayam, brokoli, kale), buah jeruk, kacang-kacangan (kacang polong, kacang kedelai), alpukat, roti gandum, sereal sarapan yang diperkaya.

5 Rekomendasi Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat sebaiknya dikonsumsi sebelum kehamilan dan selama awal kehamilan, idealnya sebelum kehamilan minimal satu bulan sebelumnya, karena banyak perkembangan embrio terjadi di minggu-minggu awal kehamilan, saat seorang wanita mungkin belum menyadari bahwa dia hamil.

Asam folat adalah nutrisi penting untuk mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida pada janin yang sedang berkembang. Kekurangan asam folat pada awal kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf pada bayi.

Sejumlah obat mengandung asam folat yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Asam folat sering kali disertakan dalam suplemen prenatal atau vitamin khusus untuk kehamilan. Terdapat beberapa suplemen prenatal yang mengandung asam folat yang sering direkomendasikan untuk ibu hamil. Berikut rekomendasi asam folat untuk ibu hamil :

Prenagen Pregnancy

Kandungan: Selain asam folat, Prenagen Pregnancy mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti zat besi, kalsium, vitamin A, C, D, E, B kompleks, serta DHA.
Manfaat: Mendukung perkembangan janin dan membantu kebutuhan gizi selama kehamilan.
Dosis Umum: Biasanya diminum sekali sehari atau sesuai anjuran dokter.

Sangobion Maternity

Kandungan: Sangobion Maternity mengandung asam folat bersama zat besi, vitamin B kompleks, vitamin C, dan mineral esensial lainnya.
Manfaat: Mendukung produksi sel darah merah, membantu dalam pembentukan jaringan dan organ bayi.
Dosis Umum: Biasanya diminum sekali sehari atau sesuai anjuran dokter.

BACA JUGA : Rekomendasi Obat dan Cara Menghilangkan Stretch Mark di Perut

Folamil Genio

Kandungan: Folamil Genio mengandung asam folat dan berbagai nutrisi esensial lainnya seperti zat besi, kalsium, vitamin A, B, C, D, E, serta DHA.
Manfaat: Mendukung perkembangan janin, membantu kesehatan tulang, serta perkembangan otak dan mata bayi.
Dosis Umum: Biasanya diminum sekali sehari atau sesuai anjuran dokter.

Natalac

Kandungan: Natalac mengandung asam folat dan berbagai vitamin serta mineral penting seperti zat besi, vitamin A, C, D, E, B kompleks, serta kalsium.
Manfaat: Mendukung perkembangan bayi, kesehatan tulang, serta sistem kekebalan tubuh ibu hamil.
Dosis Umum: Dosis yang dianjurkan biasanya sekali sehari atau sesuai petunjuk dokter.

sumber : HaiBunda

Folavit

Folavit adalah salah satu merek suplemen asam folat yang sering direkomendasikan untuk ibu hamil. Suplemen ini mengandung asam folat, yang merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9. Asam folat sangat penting selama kehamilan karena membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin yang sedang berkembang.

Manfaat Folavit untuk Ibu Hamil, Asam folat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin yang sedang berkembang, seperti spina bifida, penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh, termasuk sel-sel darah merah.

Dosage umumnya tergantung pada rekomendasi dokter atau ahli gizi yang meresepkan suplemen ini.
Biasanya, dosis yang direkomendasikan adalah sekitar 400-800 mikrogram asam folat setiap hari untuk ibu hamil

Catatan Penting

Setiap suplemen prenatal memiliki formulasi dan dosis yang berbeda-beda. Sebelum mengonsumsi, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui suplemen mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kesehatan Anda selama kehamilan. Dosage dan pilihan suplemen bisa bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan individu, usia kehamilan, dan faktor-faktor lainnya.

Setiap wanita hamil memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk mengetahui dosis yang sesuai berdasarkan kondisi kesehatan dan riwayat medis pribadi.

BACA JUGA : 10 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Ibu Hamil

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *