pastry

Untuk membuat kulit Pastry homemade pada tulisan kali ini hanya membutuhkan 6 bahan saja. Berikut bahan-bahan perlu Anda persiapkan: 

Bahan

  • Siapkan 250 gr tepung 

  • Siapkan 125 gr ketumbar 

  • Siapkan 25 gr mentega

  • Siapkan 125 gr air dingin 

  • Siapkan 1/2 sdt garam 

  • Siapkan 1 sdm gula pasir 

Cara Membuat Kulit Pastry Homemade

  • Setelah 6 bahan sebelumnya sudah disiapkan. Selanjutnya, di bawah ini kita lihat langkah-langkah lengkap membuat sup zupa (kulit pastry buatan sendiri). 

  • Campur semua bahan, uleni sebentar. 

  • Tambahkan sedikit “air sampai adonan tercampur rata. Gulung memanjang dengan korset tipis-tipis. 

  • Lipat menjadi 2 bagian.

  • Lipat kembali menjadi 1/4 bagian, haluskan kembali, ratakan hingga emapy kali.

  • Isi dengan krim jagung. Tutup dengan kulit puff pastry. 

  • Olesi dengan kuning telur dan tutup dengan keju parut. 

  • Panggang sampai matang. Angkat dan sajikan.

Teknik Pemilihan Bahan Puff Pastry 

Saat membuat puff pastry, memilih bahan yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan yang paling penting. Bahan utama dari puff pastry adalah tepung terigu, air, garam, lemak dari adonan dan lemak untuk lipatan puff pastry.

Tepung dengan protein tinggi karena dapat menghasilkan banyak gluten, yang membuat puff pastry lebih elastis, kencang dan layerable saat dipanggang. Lemak untuk adonan digunakan dalam jumlah kecil dan dicampur dengan tepung dan digunakan untuk membuat adonan lebih halus. 

Air yang digunakan untuk membuat adonan adalah air dingin agar bahan yang berminyak tidak berminyak. Adonan juga membutuhkan penambahan garam untuk memperkuat gluten dan meningkatkan kualitas rasa. Lemak untuk puff pastry, atau lemak yang digunakan untuk “membungkus” adonan, merupakan bahan terpenting dalam teknik puff pastry. 

Teknik Membuat Puff Pastry 

Adonan pertama dalam membuat puff pastry dibuat dengan mencampurkan bahan tepung terigu, margarin, air es, garam, dan bahan tambahan lainnya seperti susu bubuk dan cream of tartar. Adonan pertama didiamkan selama 30 menit sebelum digunakan untuk langkah selanjutnya. 

Setelah adonan pertama terbentuk, proses pembuatan puff pastry dilanjutkan dengan penambahan puff pastry. Lemak yang terbungkus dalam adonan kemudian digulung menjadi lapisan-lapisan adonan dan lemak dengan cara dilipat dan digosok beberapa kali. Penting untuk diingat bahwa saat melipat dan menggiling, lapisan lemak dari puff pastry tidak bercampur dengan adonan, membentuk lapisan terpisah.

Metode Melipat Pastry

Teknik melipat puff pastry merupakan teknik yang paling sulit karena membutuhkan kesabaran, ketelitian, dan kehati-hatian ekstra. Ada 3 cara melipat lapisan puff pastry. 

  1. Metode Blitz atau Metode Scotch 

Metode ini cocok untuk membuat kue dan sosis gulung. Cara ini disebut juga cara cepat atau cara kilat, jauh lebih mudah dibandingkan cara lainnya.

Potongan corsbeta atau lemak khusus yang digunakan untuk membuat puff pastry dibentuk menjadi kubus kemudian dimasukkan langsung ke dalam adonan. Dengan cara ini, potongan karton bergelombang tidak membentuk lapisan lemak, sehingga tidak selalu mengembang secara merata saat dipanggang. 

  1. English method 

Dengan metode ini, adonan digulung menjadi persegi panjang dan kemudian permukaannya ditutupi dengan lemak. Ujung yang tidak tertutup lemak dilipat di tengah adonan, lalu ujung lainnya dilipat menjadi dua untuk menutupi lipatan pertama.

  1. France Method 

Adonan digiling dan dipotong menjadi bentuk persegi, kemudian lemak diletakkan di tengah dalam bentuk persegi dan lemak dibungkus dengan hati-hati ke dalam adonan sepenuhnya. 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *