teori konspirasi

Teori Konspirasi yang Terbukti Benar, Mencegangkan! Baca di Sini!

Sumber: Orami

Sepanjang sejarah, dunia sudah menyaksikan bagaimana teori konspirasi merupakan hal lumrah untuk beredar di internet dan diperbincangkan dari mulut ke mulut. 

teori konspirasi sendiri adalah suatu penjelasan dari situasi yang melibatkan konspirasi antara pihak – pihak yang berkuasa atau memiliki jabatan politik. Hal itu kebanyakan bukan hal yang benar atau bohong alias hoaks. Namun ada kalanya teori konspirasi merupakan hal yag benar. 

Saat suatu teori konspirasi terbukti kebenarannya, ternyata ini menjadi sesuatu yang sangat mengeringkan dan bahkan lebih seram dari cerita – cerita fiksi. Berikut dibawah ini ada 4 contoh teori konspirasi yang ternyata terbukti benar. 

1. Project SUNSHINE 

Sumber: Conspiracy Theories

Meski memiliki nama yang tergambar seolah – olah ceria, namun sejauh ini Project SUNSHINE merupakan yang paling gelap. Ini merupakan sebuah proyek nyata yang dilakukan oleh Komita Energi Atom AS dan Angkatan Udara AS. Proyek tersebut dirancang untuk menyelidiki efek radiasi nuklir pada manusia dan juga lingkungan. 

Project SUNSHINE melakukan panen terhadap bagian tubuh anak dan bayi yang sudah meninggal dunia di AS, tanpa meminta izin terlebih dahulu pada orang tua mereka. Penggunaan bagian tubuh bayi dan anak – anak dilakukan karena kandungan strontium dalam tulang, yang memang lebih rentan terhadap kerusakan radiasi. Hal itu tentu akan membuat subjek uji radiasi menjadi lebih valid. 

Meski demikian, proyek ini sudah melanggar kode etik kemanusiaan dan pemerintah AS bertanggung jawab akan hal itu. 

2. Project MKULTRA

Sumber: Ranker

Awalnya project MKULTRA merupakan teori konspirasi yang cukup populer, dimana Pemerintah AS menguji obat – obatan psikedelik dan halusinogenik pada warga AS dan anggota militernya. Hal itu dilakukan tanpa seizin dan pengetahuan mereka, dan tujuannya adalah untuk menyelidiki bagaimana obat tersebut berdampak pada perilaku. 

Lebih lanjut, sebenarnya terdapat satu tujuan lain yaitu diujinya teknik pengendalian pikiran kepada masyarakat. Namun hal itu tidak berjalan mulus, karena trauma bahkan terjadinya kerusakan otak di para peserta. 

Proyek tersebut akhirnya terungkap dan terbukti bahwa Pemerintah AS mengambil risiko untuk membahayakan nyawa warganya sendiri demi suatu penelitian. Apalagi tanpa persetujuan partisipan. 

3. Mata – Mata Pemerintah AS

Sumber: Zona Priangan – Pikiran Rakyat

Pada Juni 2013 silam, Edward Snowden, mantan anggota CIA dan kontraktor intelejen, merilis ribuan dokumen rahasia ke wartawan. Dokumen rahasia tersebut merinci jaringan intelejen canggih AS bersama beberapa negara barat lainnya, dengan tujuan untuk memata – matai penduduk sipil di seluruh dunia. 

Pemata – mataan tersebut banyak dilakukan melalui perusahaan jejaring sosial. Contohnya, pada 2016 lalu, sebuah lembaga atas nama Pemerintah AS mengirimkam 50.000 permintaan data pengguna ke Facebook, 28.000 ke Google, dan 9.000 ke Apple. 

Awalnya hal itu hanya teori konspirasi internet belaka. Namun saat terbukti, tentunya sangat mengerikan dimana badan yang seharusnya bekerja untuk menjaga keamanan justru melakukan operasi spionasi kepada warga sipil ataupun pemerintah negara lain. 

4. Manipulasi Cuaca

Sumber: BBC Indonesia

Pada 1993 silam, Badan Proyek Penelitian dan Pertahanan AS menggandeng militer AS dan Universitas Alaska, membuat sebuah program yaitu High Frequency Active Auroral Research Program atau disingkat HAARP. 

HAARP merupakan proyek yang tidak seberapa diungkap ke khalayak umum. Hal itu tentunya karena banyak yang berargumen tentang proyek ini dan berakhir ke teori konspirasi. Beberapa diantaranya yaitu proyek satelit yang bisa mengakibatkan gempa. Dan ini merupakan proyek pemancar besar yang bisa menciptakan tsunami dan tornado. 

Namun ternyata HAARP merupakan lanjutan proyek lawas pemerintah AS, dimana dilakukan teknik penyemaian awan yang bertujuan untuk meningkatkan curah hujan. Meski tidak sampai menyebabkan tornado, namun setidaknya proyek tersebut terbukti mendatangkan hujan lebat dan teori konspirasi tersebut memang benar soal manipulasi cuaca. 

Baca juga: 6 Film Agen Rahasia Terbaik yang Wajib Kamu Tonton