Categories: Health

7 Manfaat Susu Kambing Murni untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Susu Kambing Murni untuk Ibu Hamil dan Kenali Juga Risikonya

Salah satu cara untuk menjaga pola makan Anda selama kehamilan adalah dengan minum susu. Meskipun sebagian besar masyarakat kita lebih mengenal susu sapi, sebenarnya susu kambing dikonsumsi di seluruh dunia. 

Setidaknya 65% hingga 72% konsumsi susu harian berasal dari kambing. Jadi, bolehkah ibu hamil makan susu kambing? Meski sama-sama susu,susu kambing dan susu sapi memiliki kandungan nutrisi yang berbeda.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Susu Kambing?


Ibu hamil boleh minum susu kambing asalkan susunya diproses dan dimatangkan.Selama kehamilan, ibu tidak boleh minum susu segar yang belum direbus atau disterilkan (unpasteurized). 

Ibu hamil juga dilarang mengonsumsi produksusu mentah seperti es krim, yoghurt, atau kejukambing yang belum matang sepenuhnya. Ini karena susu mentah dapat mengandung bakteri dan parasit berbahaya seperti E.coli, Salmonella, Listeria atau Toxoplasma yang dapat menyebabkan keracunan makanan. 


Baca juga: Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Jika Mengkonsumsi Susu Beruang


Manfaat Susu Kambing


Susu kambing merupakan sumber makanan yang tinggi kalori, protein, lemak, dan beberapa mineral penting lainnya yang mungkin bermanfaat bagi ibu hamil. Manfaat susu kambing untuk ibu hamil antara lain: 

  1. Sebagai Sumber Protein

Susu kambing memiliki protein yang tinggi dibandingkan jenis susu lain seperti susu sapi, susu almond atau kedelai. Namun, susu kambinglebih mudah dicerna tubuh bagi ibu hamil.

  1. Risiko Alergi Berkurang

Jika Anda memiliki alergi terhadap susu sapi,kemungkinan besar Anda tidak alergi terhadap susu kambing. Namun, untuk lebih amannya, Andadisarankan untuk berkonsultasidengan dokter sebelum mengonsumsi susu kambing. 

  1. Menjaga Kolesterol

Susu kambing dapat membantu mengurangi penumpukan kolesterol dalam darah dan kantong empedu. Ini dapat membantu mengontrol kondisi ibu hamil dengan kadar kolesterol tinggi. 

  1. Sumber Vitamin D

Susu kambing bisa menjadi sumber vitamin D yang sehat untuk ibu hamil. Asupan vitamin D yang cukup selama kehamilan penting untuk perkembangan janin dan berpotensi mengurangi risiko bayi terkena alergi di kemudian hari.

  1. Menyehatkan Ibu dan Janin

Susu kambing mengandung kalsium yang baik untuk ibu hamil dan janin. Susu dapat mendukung pertumbuhan janin dan membantu pertumbuhan bayi nantinya. 

Kandungan kalsium dan zat besidalam susu juga membantu dalam pembentukan dan perkembangan tulang dan oksigenasi bayi. Selain itu, konsumsi susu selama kehamilan jugadikaitkan dengan penurunan risiko penyakit serius seperti multiple sclerosis, osteoporosis, dan rakhitis neonatal. Membantu perkembangansaraf bayi.

  1. Dapat Membantu Perkembangan Saraf Bayi

Susu kaya akan protein, asam amino, dan asam lemak yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi. Sedangkan kandungan yodium telah terbukti dapat meningkatkan perkembangan otak janin dan meningkatkan kecerdasan pada anak. 

  1. Melancarkan Pencernaan

Sumber lemak sehat yang dapat memberikan berbagai manfaat, termasuk mempercepat metabolisme dan membantu pencernaan. Susu juga dapat bertindak sebagai antasida yang efektif untuk meredakan sakit maag dan masalah perut lainnya. 


Risiko Konsumsi Susu Kambing Bagi Ibu Hamil

Selain berbagai manfaat, susu kambingjuga memiliki beberapa risiko bagi ibu hamil, antara lain: 

  • Tidak Mengandung Laktosa

Ibu hamil dengan intoleransi laktosa tidak boleh menggunakan susu kambing sebagai pengganti susu sapi. Susu kambing juga tidak bebas laktosa dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada ibu hamil dengan intoleransi laktosa. 

  • Tinggi Kalori

Dibandingkan dengan susu sapi atau susu nabati, susu kambing memiliki kalori lebih banyak. Porsi memastikan asupan kalori yang lebih tinggi. 

Terdapat 168 kalori dalam Susu Kambing (1 mangkok). Terlalu banyak kalori dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan.



sindilatifah0@gmail.com

Recent Posts

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Prapendaftaran PPDB Jakarta 2024

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jakarta tahun 2024 sudah semakin dekat. Bagi para orang…

2 days ago

5 Cara Menumbuhkan Motivasi Disaat Terbiasa Santai!

Mungkin Anda pernah merasa terjebak dalam rutinitas yang santai dan nyaman, namun sebenarnya kurang produktif.…

7 days ago

Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Anda!

Sunscreen, atau tabir surya, adalah salah satu produk perawatan kulit yang seringkali diabaikan. Padahal, penggunaan…

2 weeks ago

5 Ramalan The Simpsons yang Sudah jadi Kenyataan!

Siapa yang tidak kenal The Simpsons? Serial animasi komedi satir asal Amerika ini terkenal dengan…

4 weeks ago

Apa Penyebab Mimisan? Hidung Berdarah, Ternyata Ini Alasannya!

Pernahkah kamu mengalami mimisan? Hidung tiba-tiba mengeluarkan darah segar yang mengalir deras, mungkin menetes ke…

1 month ago

Tata Cara Sholat Dhuha, Meraih Ketenangan di Tengah Kesibukan

Mengawali pagi hari dengan penuh berkah dan ketenangan? Sholat Dhuha bisa menjadi pilihan tepat. Sholat…

2 months ago