wajah berjerawat

rangkaian-skincare-mengatasi-wajah-berjerawat



timesindonesia.net – Pastinya memilih skincare untuk kulit berjerawat itu lebih rumit dan kompleks dibandingkan dengan rangkaian skincare untuk kulit normal. Meski dibilang rumit, tetapi rangkaian skincare ini merupakan kunci untuk menghilangkan jerawat serta bekasnya saat dilakukan secara konsisten. 

Jika kamu baru membangun skincare routine, kemungkinannya akan sedikit kebingungan dengan banyak pilihan produk dan langkah langkah perawatan yang harus dilakukan. Kamu tidak harus langsung mencoba perawatan wajah 10 langkah yang populer di Korea, sebaiknya mengikuti terlebih dahulu skincare mendasar. 

Berikut dibawah ini 10 rangkaian skincare mengatasi wajah berjerawat serta bekasnya diantaranya yaitu :

  1. Membersihkan Makeup

Mulailah dari sekarang membersihkan makeup atau sunscreen di wajah sebelum tidur. Jangan pernah tidur dengan make up yang masih menempel di wajah karena dapat menyumbat pori pori dan mengakibatkan lebih banyak jerawat. 

  1. Mencuci Muka Dengan Benar

Setelah makeup dibersihkan, lanjutkan dengan mencuci muka dengan benar. Pastikan kamu mencuci muka dua kali dalam sehari yaitu di pagi dan malam hari sebelum tidur. Untuk mengatasi jerawat, kemungkinannya kamu akan memilih sabun cuci muka khusus untuk kulit berjerawat. Sebaiknya kamu menghindari sabun cuci muka jenis ini karena dapat membuat kulit menjadi kering. Pilihlah sabun cuci muka yang lembut dengan tekstur gel.

  1. Memakai Toner Atau Astringen

Toner yang mengandung astringen alami dapat membantu mengurangi minyak berlebih, melawan komedo, serta melembabkan kulit. Untuk kulit berminyak pilih toner yang mengandung witch hazel yang merupakan astringen alami. Tapi kamu harus hati hati dengan kandungan alkohol didalam toner. Karena alkohol dapat membuat kulit kering dan iritasi, terlebih lagi jika kulit kamu sensitif. 

  1. Menggunakan Serum

Serum bisa langsung menargetkan masalah kulit yang spesifik misalnya jerawat serta bekasnya. Serum mengandung bahan dasar yang dapat menembus bagian paling dalam kulit sehingga dapat menyelesaikan masalah hingga ke akar akarnya. 

  1. Eksfoliasi Seminggu Sekali

Saat menumpuknya kotoran dan sel kulit mati hingga menyumbat pori pori, maka bakteri penyebab jerawat bisa berkembang biak dengan cepatnya. Untuk membersihkan wajah secara mendalam, kamu bisa melakukan eksfoliasi.

  1. Jangan Lupa Pelembab

Biasanya kulit berminyak lebih rentan berjerawat, tetapi bukan berarti bisa meninggalkan pelembab begitu saja. Mungkin pelembab tidak bisa langsung mengatasi jerawat, tetapi ini yang penting dalam rangkaian skincare untuk wajah berjerawat sehari hari. Pilih produk pelembab ringan dengan tekstur gel seperti pelembab asal Korea. 

  1. Pakai Produk Khusus Untuk Lawan Jerawat

Pilih produk skincare yang mengandung bahan seperti salicylic acid, zinc, benzoyl peroxide, sulphur, retinol, serta Vitamin C. Saat ini ada banyak spot treatment yang dapat mengeringkan dan menghilangkan jerawat dengan cepat. 

  1. Masker Lumpur Seminggu Sekali

Masker dari bahan dasar lumpur bentonite secara ampuh akan menyerap minyak dan kotoran yang menyumbat pori pori. 

  1. Rajin Pakai Sunscreen

Kamu harus rajin memakai sunscreen dengan SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan jika ingin jerawat di wajah segera hilang. Pasalnya paparan sinar matahari bisa membuat bekas jerawat terlihat lebih gelap dan lebih sulit hilangnya. 

  1. Jangan Asal Pilih Makeup

Kamu harus berhati hati saat memilih makeup terlebih foundation, karena jika salah memilihnya dapat menyumbat pori pori. Selalu cek apakah make up yang kamu gunakan memiliki label non-comedogenic atau tidak. Karena make jenis ini tidak akan menyebabkan jerawat atau menyumbat pori pori. 

Baca juga: Ucapan Ulang Tahun untuk Ayah, Simpel tapi Berkesan!